hello..welcome to my first blog. Hope you enjoy it.

Jumat, 02 Desember 2016

Masa Remaja



 Hei guys..menurut kalian masa remaja itu apa sih ? Ciri-ciri umum masa remaja itu seperti apa sih ?  Daripada banyak nanya, mending simak penjelasan berikut ini yaaakk... XD



Apa sih masa remaja itu ?!? 

Masa remaja disebut adolescence, berasal dari bahas Latin yang artinya “tumbuh atau tumbuh untuk mencapai kematangan”. Bahasa primitif dan orang-orang purbakala memandang masa puber dan masa remaja tidak berbeda dengan periode lain dalam rentang kehidupan. Anak sudah dianggap dewasa apabila sudah mampu mengadakan reproduksi.
 Perkembangan lebih lanjut, istilah adolescence sesunguhnya memilki arti yang luas, mencakup kematangan mental, emosioanl, sosial, dan fisik. Pandangan ini didukung oleh Piaget dalam Mulyana yang mengatakan bahwa secara psikologis, remaja adalah suatu usia dimana individu menjadi terintegrasi ke masayrakat dewasa, suatu usia di mana anak tidaka merasa bahwa dirinya berada di bawah tingkat orang yang lebih tua melainkan merasa sama, atau paling tidak sejajar. Memasuki masayarakat dewasa ini mengandung banyak aspek afektif, lebih kurang dari usia pubertas.
Menurut Hurlock (2013) rentang masa usia remaja antara 13-21 tahun, yang juga dibagi dalam masa remaja awal, antara usia 13/14 sampai 17 tahun, dan masa remaja akhir 17 sampai 21 tahun.
Setiap periode penting selama rentang kehidupan mempunya ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan periode sebelum dan sesudahnya. Begitu juga dengan masa remaja ada ciri-ciri unum yang membedakannya dengan periode-periode yang lain. Menurut Al-Mighwar masa remaja mempunyai ciri-ciri umum yaitu :
a.        Masa yang penting
Semua periode dalam rentang kehidupan memang penting, tetapi ada perbedaan dalam tingkat perbedaannya. Adanya akibat langsung terhadap sikap dan tingkah laku serta akibat-akibat jangka panjangnya menjadikan periode remaja lebih penting daripada periode yang lainnya.
b.        Masa transisi
Pada setiap periode transisi, tampak ketidakjelasan status individu dan munculnya keraguan terhadap peran terhadap peran yang harus dimainkan. Pada masa ini, remaja bukan lagi seorang anak dan bukan juga oranag dewasa.
c.       Masa perubahan
Selama masa remaja, tingkat perubahan sikap dan perilaku sejajar dengan tingkat perubahan fisik. Perubahan yang terjadi pada masa remaja memang beragam, tetapi ada empat perubahan yang terjdi pada remaja :
1.        Emosi yang tinggi
2.      Perubahan tubuh, minat dan peran yang diharapkan oleh kelompok social menimbulkan masalah baru
3.       Perubahan nilai-nilai sebagi konsekuensi perubahan minat dan pola tingkah laku.
4.       Bersikap ambivalen terhadap setiap perubahan.
d.      Masa bermasalah
Meskipun setiap periode memilki masalah sendiri, masalah masa remaja termasuk masalah yang sulit diatasi, baik oleh anak laki-laki maupun anak perempuan.
e.       Masa pencarian identitas
Banyak cara yang dilakukan oleh remaja untuk menunjukkan identitasnya, anatra lain penggunaan simbol-simbol status dalam bnetuk kendaraan, pakaian, dan pemilikan barang-baramg lain yang mudah dilihat.
f.       Masa munculnya ketakutan
Kehidupan pada masa remaja muda cenderung tidak simpatik dan takut bertanggungjawab.
g.      Masa yang tidak realistik
Pandangan subjektif cenderung mewarnai remaja. Mereka mamandang diri sendiri dan orang lain berdasarkan keinginannya, dan bukan berdasar kenyataan yang sebenarnya, apalagi dalam cita-cita. Tidak hanya berakibat bagi dirinya sendiri, bahkan bagi keluaraga dan teman-temanya, cita-cita yang tidak realistik ini berakibat pada tingginya emosi yang merupakan ciri awal masa remaja. Semakin tidak realistik cita-citanya, semakin tinggi kemarahannya. Bila orang lain mengecewakannya atau kalau dia tidak berhasil mancapai tujuan yang ditetapkannya dia akan sakit dan kecewa.
h.      Masa menuju masa remaja
Saat usia kematangan kian dekat, para remaja merasa gelisah untuk meniggalkan streotipe usia belasan tahun yang indah di satu sisi, dan harus bersiap-siap menuju usia dewasa di sisi lainnya. Kegelisahan itu timbul akibat kebimbangan tentang bagaimana meninggalkan masa remaja dan bagaimana pula memasuki masa deawasa.
Semua individu, dalam rentang kehidupannya, memiliki tugas dan peran tersendiri. Begitu juga dengan masa remaja mempunyai tugas perkembangan yang tidak dapat terlewatkan. Semua tugas perkembangan pada masa remaja dipusatkan pada penanggulangan sikap dan perilaku yang kekanak-kanakan dan mengadakan persiapan untuk menghadapi masa dewasa, tugas perkembangan pada masa dewasa menuntut perubahan besar dalam sikap dan pola perilaku anak, akibatnya, hanya sedikit anak lak-laki yang mampu dan hanya anak perempuanlah yang dapat diharapkan untuk menguasai tugas-tugas tersebut selama awal masa remaja, apa lagi mereka yang matangnya terlambat.
Masa remaja adalah sebagai masa yang mempunyai minat dan keinginan yang sanagt tinggi terhdap sesuatu. Baik minat akan pakain, kendaraan, akan perhatian, dan lain sebagainya. Apabila minat dan keinginan tersebut tidak terpenuhi, maka akan terjadi perlawanan dari dirirnya sebagai bentuk pelampiasan dari tidak terpenuhi minat dan keinginan tersebut.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar